Tips Menyewa Mobil Dengan Aman

sewa-mobil-onlineSaat berada di luar kota, menyewa mobil menjadi pilihan favorit hampir semua orang, terutama bagi orang dengan tingkat mobilitas tinggi. Banyak manfaat ditawarkan dari jasa penyewaan ini, dan yang paling menonjol adalah fleksibilitas dan kebebasan saat bepergian.

Namun, jika tidak dilakukan dengan bijaksana, menyewa mobil dapat membuat pengeluaran membengkak sia-sia akibat kesalahan penggunaan mobil, spare part yang rusak, dan keterlambatan pengembalian mobil.

Jadi, untuk memaksimalkan manfaat dan menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  1. Pilih kendaraan
    Setiap kendaraan didesain untuk kebutuhan tertentu, seperti jenis LPV yang cocok untuk keperluan bisnis. Ada banyak indikator yang digunakan untuk menentukan pilihan kendaraan terbaik, di antaranya adalah ukuran, penggunaan bahan bakar, model, jenis transmisi, atau fitur tambahan yang dimiliki.
  2. Bandingkan harga beberapa agen rental
    Carilah informasi tentang beberapa agen rental yang menawarkan penyewaan jenis kendaraan yang dibutuhkan. Informasi dapat diperoleh dari internet atau melalui biro perjalanan.
  3. Perhatikan harga sewa
    Setiap agen rental memasang harga yang bervariasi untuk kendaraan tertentu berdasarkan model, bahan bakar, dan pajak.
  4. Perhatikan biaya tambahan
    Selain harga sewa mobil, Anda akan dibebankan beberapa biaya tambahan mencakup biaya pick up bandara, tagihan bensin, supir, asuransi, dan drop off. Terkadang, biaya-biaya ini bisa membuat total biaya sewa menjadi dua kali lipat dari sebelumnya. Oleh karena itu, telitilah dengan biaya-biaya ini.
  5. Pahami syarat dan ketentuan penyewaan
    Sebelum menandatangani persetujuan sewa dan membayar biaya sewa, pahami aturan penyewaan. Setiap perusahaan memiliki aturan yang bervariasi. Jadi, penting untuk menanyakan beberapa pertanyaan di awal, seperti lama durasi peminjaman, tarif sewa per durasi peminjaman tertentu, ketersediaan asuransi, jenis asuransi, pemakaian jasa sopir, jenis transmisi, pembatasan wilayah, waktu jeda, keberadaan kantor perwakilan di daerah yang ingin dikunjungi, dan sebagainya.
  6. Periksa kelengkapan dokumen
    Pastikan mobil yang disewakan memiliki surat resmi yang lengkap untuk menghindari menyewa mobil yang bermasalah di mata hukum.
  7. Pahami tanggungan asuransi
    Hampir semua mobil sewa diproteksi dengan asuransi. Sebelum pembayaran, ketahui seberapa besar perusahaan asuransi akan menanggung jawabi mobil tersebut jika terjadi sesuatu. Selain itu, apakah asuransi akan melindungi mobil, mobil dan sopir, atau mobil dan seluruh penumpang.
  8. Bayar dengan metode pembayaran yang nyaman untuk Anda
    Agen sewa mobil di easybook.com yang baik akan menyediakan banyak pilihan metode pembayaran seperti tunai, kartu kredit, atau voucher.
  9. Ambil mobil
    Bawa rincian konfirmasi pembayaran saat mengambil mobil ke agen, atau saat petugas agen mengantarkan mobil ke lokasi yang disetujui.
  10. Cek mobil
    Pengecekan mobil dapat dilakukan sebelum atau sesudah pembayaran. Jika dilakukan setelah pembayaran dan Anda merasa kurang cocok dengan mobil tersebut, Anda dapat meminta ganti mobil tersebut dengan yang sejenis sehingga tidak ada perubahan biaya total sewa.
    (1) Cek kondisi badan mobil: adakah penyok atau cacat tertentu di badan mobil?
    (2) Cek bensin, radiator, dan oli: apakah oli masih pada batas aman? Apakah radiator mudah overheat? Apakah bensin cukup untuk pengisian di POM bensin terdekat?
    (3) Cek kondisi dalam mobil: apakah kursi mobil dalam kondisi baik? Apakah bagian-bagian selipan bersih?
    (4) Cek rem: apakah rem cukup responsif dan aman?
    Jika semua pengecekan selesai dan Anda cocok dengan hasilnya, Anda dapat mulai menggunakan mobil sesuai kebutuhan.
  11. Adaptasi dengan gas, rem, dan pedal kopling
    Mobil memiliki pedal yang bervariasi tergantung jenis mobil. Beradaptasilah sebelum menggunakannya untuk kecepatan tinggi atau di jalan besar.
  12. Kembalikan mobil tepat waktu
    Kembalikan mobil sebelum masa tenggang. Biasanya, masa tenggang berkisar dari 30 menit sampai dengan 1 jam atau tergantung durasi peminjaman. Jika setelah dikalkukasi, denda keterlambatan terlampau tinggi, pertimbangkan untuk memperpanjang penyewaan mobil dengan durasi yang sama.

Demikianlah tips untuk menyewa mobil yang aman dimanapun Anda berada.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.